Home | SOSBUD

TegarTV - Pembukaan Festival Krakatau 2016

Share To: Telah Dibaca: 69 Kali

Plt sekretaris daerah Provinsi Lampung mewakili gubernur lampung M Ridho Ficardo, didampingi ketua PKK Provinsi Lampung Yustin Ficardo, kepala dinas pariwisata dan ekonomi kreatif, serta pejabat pemerintah Provinsi Lampung resmi membuka gelaran Festival Krakatau ke-26 tahun 2016. Bertempat di Mall Boemi Kedaton, pembukaan ditandai dengan pemukulan gamolan atau cetik lampung yang merupakan alat musik tradisional asal Lampung. Pada festival Krakatau tahun ini, panitia mengadakan 5 pegerlaran yang akan dihelat yakni jelajah seni, jelajah layang-layang, jelajah rasa, jelajah krakatau dan jelajah semarak budaya.

Sekretaris daerah provinsi lampung Sutono mengatakan, Festival Krakatau ini merupakan yang ke-26, yang akan digelar dengan berpusat Kota Bandarlampung, dengan mengusung tema Lampung The Treasure Of Sumatera.

Pembukaan Festival Krakatau diawali dengan penampilan peragaan busana Kain Tapis yang merupakan kain khas asal Lampung, lomba lukis dan pameran seni kerajinan tangan khas Lampung, pameran UMKM, pameran foto bawah air  dan obyek wisata Lampung. Acara ini berpusat di Mall Boemi Kedatan dan akan berlangsung dari tanggal 24 Agustus hingga 28 Agustus.

Selain itu juga akan diadakan jelajah layang-layang yang akan dipusatkan di Pkor Way Halim, 25-26 agustus 2016. Pada gelaran ini akan dirangkai berbagai event seperti festival, workshop layang-layang dan lomba foto amatir, peserta yang ikut memeriahkan festival layang-layang ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Lampung, Bali, DIY, NTB, selain itu juga terdapat peserta dari manca negara seperti dari  Malaysia, Singapura dan Perancis.

Pada Festival Krakatau tahun ini panitia juga menghadirkan jelajah rasa atau festival kuliner. Acaranya sendiri akan dipusatkan di Lapangan Korem, Enggal, 26-28 Agustus 2016 dan diisi dengan bazar kuliner serta aneka permainan anak. Untuk pesertanya ada delapan food truck dari Jakarta dan Lampung.

Acara puncak dari rangkaian kegiatan Festival Krakatau ini adalah jelajah krakatau. Yang akan digelar pada 27 agustus 2016. Tour menjelajahi Gunung Anak Krakatau ini akan dilakukan dengan menggunakan kapal nelayan. Sebelum berangkat, akan dilaksanakan acara ”Ngumbai Lawok” yang dimeriakan puluhan perahu hias.

Sebagai penutup rangkaian Festival Krakatau 2016 adalah digelarnya jelajah semarak budaya atau Lampung Culture & Tapis Carnival. Kegiatannya akan dipusatkan Di Tugu Adipura, Bandar Lampung, 28 Agustus 2016. Acara akan diisi dengan parade yang menampilkan kekayaan budaya lampung dan nusantara dengan tema “Topeng Lampung”.

 


Comments

 
By: - Agustus 27, 2016 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • Pesawaran Akan Gelar Festival Pahawang Teluk Ratai
  • Sekretaris Daerah Tanggamus Buka Festival Gambus Tunggal
  • Festival Way Kambas Ke 16
  • Pembukaan Acara Pertemuan Dan Expo Pendidikan Kedokteran Indonesia
  • Kontingen Penyandang Disabilitas Provinsi Lampung Mengikuti PEPARNAS XV 2016

  • Copyright © 2016 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"