Home | HEADLINE

TegarTV - Jadikan Agama Islam Sebagai Panglima Dalam Kehidupan

Share To: Telah Dibaca: 455 Kali

Dalam sebuah kesempatan Masjoen mengikuti ibadah sholat Jumat di masjid Nurul Asri Deresan. Dalam kesempatan tersebut khatib mengingatkan bahwa sebuah momentum tidak akan datang dua kali. Kebetulan saat itu ada momentum tahun baru hijrah. Dalam momentum hijrah ini khatib mengajak kepada jamaah untuk menjadikan agama Islam sebagai panglima dalam kehidupan. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hashr ayat 18 yang berbunyi:

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan(Al-Hasr:18) .

Dalam momentum hijrah ini kita bisa belajar kepada beberapa sahabat rosulullah Umar Bin Khatab. Umar adalah salah seorang tokoh muda jahiliyah yang amat ditakuti. Akan tetapi ketika ia hijrah masuk islam ia menjadi sahabat dekat rosul Muhammad SAW. Lewat bantuan Umar, rosul berani dahwah islam secara terang-terangan. Selain seorang yang pemberani, Umar adalah sahabat rosul yang paling lembut hatinya. Ia sering meneteskan airmata . Dia sangat kuat keimanannya dan sangat bersungguh-sungguh dalam mempelajari islam. Sebuah riwayat manyatakan Umar butuh waktu 10 tahun untuk belajar dan mengamalkan suarat albaqarah.

Selain itu kita juga dapat belajar dari sahabat rosul yaitu Bilal. Mengapa sahabat rosul ini begitu istimewa? Saking istimewanya Bilal, bunyi terompahnya saja sampai terdengar di surga. Bilal adalah muadzin di zaman rosul. Amalan istimewa Bilal adalah ia selalu menjaga wudhunya. Begitu batal, ia langsung berwudhu.

Sahabat istimewa rosul lainnya adalah Hanzalah Bin Abu Amir. Dia adalah seorang pemuda muslim. Karena kecintaan kepada Allah SWT dan rosul-Nya ia rela meninggalkan istrinya di malam perkawinannya untuk berjihad di jalan Allah SWT sewaktu perang uhud. Kematiannya adalah mati sahid berjuang menegakkan agama Allah SWT. Hanzalah adalah sahabat nabi yang tatkala meninggal dimandikan oleh malaikat.

Dari beberapa riwayat tersebut tentu dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk menjadikan momentum hijrah ini dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Comments

 
By: - November 10, 2013 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • Lingkungan Hidup Dalam Islam
  • Hadimulyo Ditetapkan Sebagai Kampung KB
  • Raden Adipati Surya Himbau Warga Sekolahkan Anak Disekolah Agama
  • Menteri Agama RI Resmikan Islamic Centre Tubaba
  • Rapat Koordinasi Dalam Rangka Penyusunan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP)

  • Copyright © 2013 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"