Home | EKBIS

TegarTV - Pendangkalan Sungai Turunkan Hasil Panen

Share To: Telah Dibaca: 373 Kali

Hasil panen padi para petani di wilayah kecamatan Natar Lampung Selatan khususnya di Desa Merak Bathin dan Batu Puru mengalami penurunan hingga 30 persen. Pasalnya di lokasi pesawahan  ini  kerap terendam banjir saat turun hujan. Hal tersebut diakibatkan pendangkalan aliran sungai  di sekitar yang  tak dapat menampung banyak volume air  di tambah lagi  serangan hama keong yang merajalela.

Para petani di wilayah Kecamatan Natar Lampung Selatan beberapa tahun belakangan kerap mengeluhkan adanya  pendangkalan irigasi sungai way panas Natar yang berada di sekitar lokasi sawah mereka, pasalnya sungai yang terbilang sangat penting dalam mengaliri sawah ini setiap musim penghujan, justru membawa bencana bagi petani karena arus banjir selalu merusak tanaman padi milik petani.

Meskipun saat ini para petani sawah di desa merak Bathin dan Batupuru Natar Lampung Selatan terlihat sedang asyik memanen tanaman padi hasil jerih payah mereka, namun dibalik keberhasilan tersebut ternyata petani di wilayah ini terbilang merugi akibat beberapa kali mengalami gagal tanam karena diserang hama keong juga kerap mengalami kebanjiran.

Salah seorang petani, Karsono yang tengah memanen padi dilokasi ini, menuturkan dirinya sangat kewalahan dalam mengatasi serangan hama keong mas di lahan pesawahan mereka, kepada pihak terkait atau pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, karsono berharap dinas pertanian dapat memberi solusi dalam membasmi hama keong yang dipandang sebagai musuh para petani, berbagai upaya telah dilakukan  untuk membasmi hama jahat ini, namun dalam waktu sekejab binatang perusak tersebut beraksi kembali, akibatnya hasil panen yang di dapat sangatlah jauh dari harapan, belum lagi saat hujan turun ,buruknya aliran sungai yang kondisinya saat ini mengalami pendangkalan dipastikan mendatangkan banjir dan meludeskan tanaman mereka.

Meskipun harga padi saat ini terbilang tinggi  yakni kisaran 4.200 rupiah per kilogram. Namun jika diperhitungkan dengan kegagalan yang terjadi petani terbilang tetap merugi.


Comments

 
By: - Agustus 17, 2013 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • Hasil Panen Lampaui Target
  • Tim Jatanras Dirkrimum Polda Lampung Amankan 4 Motor Hasil Curanmor
  • Kodim 0424 Kabupaten Tanggamus Menyerahkan Hasil TMMD Ke Pemkab
  • Walikota Lelang Hasil Kerajinan Tangan Dari Bank Sampah Kepada Satker
  • Hasil Tangkapan Kurang, Harga Ikan Melonjak

  • Copyright © 2013 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"