Home | EKBIS

TegarTV - Warga Candimas Tolak Pabrik Aspal Beroperasi

Share To: Telah Dibaca: 618 Kali

Pabrik pengelolaan aspal atau AMP PT Nanda Putra yang beroperasi di lokasi padat penduduk Desa Candimas Natar Lampung Selatan kembali menuai masalah di tengah masyarakat. Setelah tahun lalu juga sempat ditolak akibat hal yang sama, yakni menciptakan limbah yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Keberadaan pabrik juga bersebelahan dengan SPBE pengisian gas elpiji yang sangat riskan menimbulkan kebakaran.

Keberadaan pabrik aspal PT Nanda Putra sekilas terkesan berdampak positif, karena pajaknya menjadi sumber  pendapatan asli daerah atau PAD. Namun bila ditinjau kembali keberadaannya sejak tahun 2012 lalu, pabrik aspal PT Nanda Putra dipandang selalu mendatangkan masalah. Karena itu keberadaan pabrik kerap ditolak oleh warga, lantaran limbah pembakaran aspal saat produksi telah banyak membawa kesengsaraan bagi masyarakat sekitar. Saat berproduksi, suara bising deru mesin mengganggu kenyamanan warga sekitar. Dan jika musim kemarau, limbah debu berterbangan kemana-mana.

Kepala Dusun Desa Candimas Natar Lampung Selatan, Mat Kurodi saat di jumpai Tegar Tv mengatakan, beberapa waktu lalu telah dimediasi oleh Komandan Kodim Lampung Selatan yang memberikan penjelasan agar pabrik aspal tetap berjalan, meskipun rata-rata warga tak setuju pabrik aspal beroperasi. Namun masyarakat tak dapat berbuat banyak dan menurut saja. Meskipun diketahui izin terhadap masyarakat sekitar telah habis waktunya sejak Desember 2012.

Tak bisa dipungkiri limbah aspal memang sangat mengganggu kesehatan masyarakat dan kini warga sepakat  tak mengizinkan pabrik aspal PT nanda Putra kembali beroperasi .

Melihat adanya gejolak di tengah masyarakat wilayah hukum kecamatan Natar Lampung Selatan ,tentang penolakan beroprasinya pabrik aspal yang notabene membahayakan kesehatan warg ,juga jiwa manusia karena tempat pembakaran aspal yang berdampingan dengan stasiun pengisian gas elfiji sangat lah menundang bahaya maut ,kepala Kepolisian sektor Natar komisaris polisi Hermansyah Gumay mengimbau demi keamanan dan ketertiban keselamatan masyarakat  dan guna meminimalisir hal hal yang tak diinginkan ,hendaknya pabrik aspal beroprasi jauh dari pemukiman penduduk .(dah)

 


Comments

 
By: - Juli 31, 2013 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • No Related Posts

  • Copyright © 2013 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"