Home | HEADLINE

TegarTV - Pesantren Kilat SDN 1 Kedaton Pakai Metode Seni

Share To: Telah Dibaca: 623 Kali

Bulan suci ramadhan dimanfaatkan umat Islam untuk memperbanyak ibadah dan menambah pengetahuan keagamaan. Salah satunya ialah kegiatan yang dilakukan oleh SDN 1 Kedaton yang mengadakan pesantren kilat ramadhan. Uniknya sekolah ini menggunakan metode seni dalam menyampaikan materi kepada siswa-siswinya.

Pesantren kilat yang diadakan selama satu minggu oleh pihak sekolah berhasil menyedot antusias siswa-siswi SDN 1 Kedaton untuk belajar keagamaan dengan bertajuk “Pesantren Kilat Dapat Meningkatkan Iman dan Taqwa”.

Kepala SDN 1 Kedaton Dra. Sri Hidayati Mpd mengatakan, tema ini diambil untuk membentuk pribadi siswa menjadi  pribadi yang berkarakter sesuai dengan kaidah-kaidah agama Islam. Siswa-siswi sekolah tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh pihak guru. Pasalnya sekolah ini menyampaikan materi dengan cara yang beda dari biasanya yaitu menyampaikan materi keagamaan dengan mengaplikasikannya dengan seni.

Dewan guru yang memang terlihat sudah profesional dengan latar pendidikan minimal strata-1 ini terlihat sangat baik dalam mengolah materi. Contohnya materi asmaul husna yang disampaikan dengan metode bernyanyi.

Guru agama Islam Dra. Bidayah Sari Mpd.I mengatakan, metode seni ini merupakan inovasi dari pihak sekolah sebagai alternatif penyampaian materi, mengingat materi keagamaan dinilai membosankan bagi siswa-siswi SD yang mereka lebih cenderung senang dengan bermain, oleh sebab itu pihak sekolah ingin mengubah presepsi tersebut dengan membuat materi Agama Islam lebih menyenangkan.

Dengan metode yang ringan , namun siswa-siswi mengakui lebih menyenangkan cara seperti ini dalam belajar keagamaan. Mereka lebih semangat serta tidak terlihat bosan. Tidak hanya materi-materi formal yang didapat oleh para siswa-siswi sekolah dasar ini, namun pihak sekolah pun mengajarkan cara bermain musik, tetapi musik yang diajarkan pun memang berbau keagamaan pula yaitu musik rebana.

Musik yang sering disebut qosidah ini diajarkan pihak sekolah agar senantiasa melestarikan musik-musik yang bertajuk islami , banyak sekali manfaat yang didapat dari memainkan musik rebana ini, selain untuk menambah pengetahuan dan melatih otak kanan, bermain musik ini pula siswa-siswi ditunut agar dapat melantunkan lagu-lagu islami dengan  diiringi musik.

Dewan guru pun menyampaikan materi seni rupa islam, yaitu menulis ayat-ayat Al-Qur’an berbentuk kaligrafi, materi yang disampaikan oleh guru bernama Aniyati MpdI ini dapat meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam bidang seni rupa.

Pesantren kilat ini diikuti kurang lebih oleh 200 siswa-siswi, tidak hanya siswa-sswi yang bersemangat mengikuti kegiatan islami ini, namun terlihat para wali murid pun ikut mengantarkan anak-anaknya serta menunggu sampai kegiatan ini selesai.

Pesantren kilat ramadhan ini merupakan suatu batu loncatan bagi siswa-siswi di sekolah ini, mengingat banyak sekali kompetisi atau perlombaan di luar sekolah yang berkaitan dengan keagamaan, karena sekolah ini memang salah satu sekolah yang banyak sekali memiliki prestasi , pihak sekolah tidak pernah puas agar terus meningkatkan prestasi tersebut.

Kegiatan yang diadakan sekolah tiap tahun ini  khususnya pada bulan ramadhan memang sangat bermanfaat,  pihak sekolah berharap kegiatan ini akan terus dilaksanakan tiap tahunnya.

Tidak hanya metode seni dalam menyampaikan materinya , tetapi pihak sekolah juga akan terus melakukan pembaharuan agar lebih variatif dan juga siswa-siswi tidak bosan serta bersemangat mengikuti acara-acara yang bersifat kerohanian.

Kegiatan keagamaan ini tidak hanya dilakukan pada pesantren kilat ini, namun pihak sekolah menyiapkan ekstrakurikuler di luar waktu sekolah untuk mengajarkan meteri agama Islam melalui TPA kepada siswa-siswi yang kurang mengerti Al-qur’an. (tim)


Comments

 
By: - Juli 30, 2013 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • Materi Pesantren Kilat SMA Monoton
  • Komisi 1 DPRD Panggil Panitia Pemilihan
  • Zainuddin Resmikan Gedung SMAN 1
  • Ismet Roni Rebut Kantor DPD 1 Golkar Lampung
  • Manajemen Tegar Tv Berkurban 2 Sapi Dan 1 Kambing

  • Copyright © 2013 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"