Home | EKBIS

TegarTV - Kripik Pisang Lampung Ternyata Sudah Mendunia

Share To: Telah Dibaca: 852 Kali

Sejak dulu, keripik singkong menjadi primadona oleh-oleh khas Lampung, tetapi belakangan ini keripik pisanglah  yang diburu para konsumen. Tak sekadar keripik pisang biasa, tetapi memiliki beraneka ragam rasa. Mampir saja ke Sentra Industri Kripik di Jalan Pagar Alam, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, dari depan kita sudah disambut oleh gapura yang menyiratkan pengunjung akan memasuki kawasan para pembuat keripik  dan kita dapat melihat di sepanjang jalan, tampak pedagang keripik pisang.

Box plastik yang berisi aneka rasa kripik pisang yang tersusun dan masing-masing telah diberi tulisan rasa. Sebut saja rasa cokelat, keju, melon, stroberi, hingga rasa yang umum seperti manis dan asin. Semakin pengunjung masuk kedalam, yang sering disebut jalan PU itu, pengunjung pun bisa melihat rumah-rumah produksi yang langsung menjual keripik pisang.

Salah satunya adalah Rino, pemilik toko yang menekuni usaha ini sejak tahun 2008 , ia mengatakan  awalnya ia hanya menjadi karyawan disalah satu toko milik orang lain , tetapi pada akhirnya dia bisa memproduksi sendiri kripik pisang khas lampung ini. Ujar pemilik toko Puri Jaya itu.

Kawasan Sentra Industri Kripik ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, konsumen yang berkunjung untuk membeli kripik berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia terutama dari pulau Sumatera sendiri seperti palembang dan bengkulu, bahkan pengelola industri tersebut mengatakan, bahwa wisatawan asing pun seperti dari Hongkong dan USA sudah berkunjung dan mencicipi kripik pisang aneka rasa.

Menurut Rino hal tersebut menguntungkan bagi para warga yang memproduksi kripik, karena berjualan kripik dapat menjadi mata pencaharian serta mendatangkan income yang cukup menjanjikan bagi warga PU. Namun pemerintah sebaiknya lebih memperhatikan bahan baku pisang agar mempermudah proses produksi.

 Cuaca hujan tidak menyurutkan Ibu Endang untuk membeli oleh-oleh khas Lampung ini, ia pun mengatakan  sudah beberapa kali datang ketempat ini, dikarenakan berbagai macam pilihan rasa, yang membuat buah tangan itu lebih bervariasi, papar turis domestik asal Tanggerang.

Menurut Ibu Endang, produk-produk yang ada di Sentra Industri Kripik ini sudah cukup baik, namun ia mengharapkan  produsen menciptakan produk dari bahan baku selain pisang agar konsumen lebih dimanjakan dengan berbagai macam kripik khas Lampung.

Industri kripik merupakan usaha yang menjanjikan bagi pengelola dan dapat memberikan lapangan pekerjaan khususnya untuk warga Pagar Alam. Tidak hanya itu,  tetapi kawasan ini juga menjadi salah satu icon kota Bandar Lampung bagi wisatawan lokal maupun asing  untuk berkunjung membeli oleh-oleh khas Daerah Lampung.(den)


Comments

 
By: - Juli 16, 2013 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • Pengurus DPD PPNI Kota Bandar Lampung Dilantik
  • Kodim 0411 Lampung Tengah Gelar Apel Nusantara Bersatu.
  • Lampung Bersatu Untuk Indonesia Damai
  • Gerakan Nasional Deteksi Dini IVA Test/Sadanis Bagi Guru Indonesia Di Provinsi Lampung
  • 61 Anggota Pramuka Lampung Ikuti Jambore Asean Dimalaysia

  • Copyright © 2013 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"