Home | BUDAYA

TegarTV - Tari Melinting Bisa ke Luar Negeri

Share To: Telah Dibaca: 611 Kali

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Timur, mengadakan festival tari kreasi melinting tingkat SMA-SMPsma/smp sederajat di lapangan Sribawono, hari Selasa. Kegiatan tersebut selain untuk melestarikan budaya daerah, diharapkan ajang ini akan dikenal  hingga ke luar negri.

Untuk ketiga kalinya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Timur menggelar festival budaya daerah tari kreasi melinting 2013. Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Sribawono tersebut dihadiri langsung oleh Pembina Tari Melinting Ny.Asmara Dewi Erwin Arifin, Keratuan Melinting Rizal Ismail, anggota DPRD Hasan Basri, Kepala Dinas Pariwisata Sudarsono, Kepala Dikspora Anthoni Siaga Putra serta jajaran instansi.

Keratuan Melinting Rizal Ismail dalam sambutannya mengatakan, ajang festival ini merupakan upaya untuk terus melestarikan budaya leluhur, agar dapat dinikmati serta tidak punah. Menurut Rizal, festival Tari Meinting yang dilaksanakan cukup bagus, namun dalam perjalanan saat ini masih mengalami kendala, selain tenaga pengajar juga belum terealisasi kostum bagi para penari.

Rizal juga mengungkapkan, bila ajang festival tari melinting dapat terus dilaksanakan dan diperbaiki sarana secara bertahap, tidak mungkin budaya daerah ini akan mengembang bahkan bisa ditampilkan hingga keluar negeri. 
Sementara Pembina Tari Melinting yang juga Ketua Dekranasda Lampung Timur Asmara Dewi mengatakan, ajang lomba tari kreasi melinting merupakan budaya warisan leluhur yang harus terus di jaga dan di kembangkan. Menurut Asmara Dewi,  tari melinting yang merupakan asli milik Lampung Timur akan dapat berkembang dengan baik, bahkan pada tanggal 24 Juni 2013 Tari Melinting akan diseminarkan di Australia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Lampung Timur Sudarsono menuturkan, tujuan festival tari kreasi melinting selain untuk melestarikan budaya juga untuk meningkatkan minat siswa siswi terhadap budaya daerah. Lomba festival tari kreasi Melinting tersebut, diikuti sebanyak 12 grup tingkat SMA dan 15 grup tingkat SMP se-Lampung Timur. Festival tari kreasi Melinting tahun 2013 dibuka langsung oleh Pembina Tari Melinting Asmara dewi dengan ditandai pemukulan gong.(rinto_tegartv lampung timur)


Comments

 
By: - Juni 13, 2013 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • Kapolda Larang Pendemo Ke Jakarta
  • Festival Way Kambas Ke 16
  • Polda Lampung Kirim 200 Anggota Brimob Ke Jakarta
  • Salah Tangkap Personel Polresta Dilaporkan Ke Propam Polda
  • Kodim 0424 Kabupaten Tanggamus Menyerahkan Hasil TMMD Ke Pemkab

  • Copyright © 2013 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"