Home | BISNIS

TegarTV - Sentra Kerajinan Batik KIayu Krebet Akan Meningkatkan Produksinya

Share To: Telah Dibaca: 359 Kali

Perajin batik kayu di sentra kerajinan batik kayu Krebet, Kabupaten Bantul, Yogya, akan menyiapkan stok barang untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2013.

“Kalau persiapan secara khusus memang tidak namun saya siapkan stok yang cukup karena biasanya transaksi kerajinan akan meningkat saat liburan,” kata perajin dan pemilik sanggar kerajinan batik kayu “Prima Batik” Mangku Wibowo di Bantul, Sabtu.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, imbuh dia selama liburan akhir tahun transaksi kerajinan akan meningkat sekitar 20 sampai 30 persen dibanding hari biasa, karena saat-saat itu banyak wisatawan mampir ke sentra kerajinan tersebut.

Ia menyebutkan, kalau pada hari biasa sanggar ini bisa menjual sekitar 30 sampai 40 buah berbagai kerajinan per hari, namun selama liburan bisa sekitar 50 hingga 60 buah kerajinan per hari.

“Saya memproduksi berbagai macam kerajinan batik kayu, mulai dari aneka souvenir, topeng, sandal batik, gelang, kalung dan patung berbagai jenis hewan serta gantungan kunci,” katanya.

Kerajinan yang diproduksi dijual mulai dari harga Rp4.000 untuk gantungan kunci, kemudian puluhan ribu untuk topeng, wayang serta ada yang sebesar Rp200.000 untuk satu set nampan dan patung besar.

Menurut dia, dengan mempekerjakan tenaga kerja 10 orang dari warga setempat, sanggar ini bisa memproduksi aneka kerajinan batik kayu sebanyak 100 buah per hari.

“Saya akan optimalkan tenaga kerja yang ada, secara kuantitas produksi kerajinan akan kami tingkatkan sesuai kebutuhan peningkatan pembelian,” katanya.

Ia mengatakan, di sentra kerajinan batik kayu ini terdapat sebanyak sekitar 40 sanggar kerajinan mulai dari skala kecil dan besar yang juga memproduksi kerajinan batik kayu.

“Konsumen kerajinan batik kayu ini dari luar kota seperti Jakarta, Batam dan Bali, baik pembelian secara langsung (wisatawan) maupun tidak langsung (pelanggan),” katanya.

 

Sumber: Antara Yogya


Comments

 
By: - Desember 9, 2012 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • Gajah Waykambas Akan Mendapatkan Perhatian Khusus Dari Pemerintah Pusat
  • Pesawaran Akan Gelar Festival Pahawang Teluk Ratai
  • Dinsos Akan Lindungi Anak Bermasalah
  • Lampung Akan Kembangkan Pembangkit Listrik Dari Ampas Singkong
  • Pemerintah Akan Tolak Proyek Asal Jadi.

  • Copyright © 2012 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"