Home | PROPERTI

TegarTV - PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) Tidak Memiliki Kekuatan Hukum Bagi Pemerintah

Share To: Telah Dibaca: 2007 Kali

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Pertanahan Daerah (DPPD) Sleman, Sunaryo, Perjanjian Pengikatan Jual Beli hanya bersifat mengikat bagi penjual dan pembeli, namun tidak pada pemerintah. Jadi, ketika konsumen memiliki PPJB, tidak akan bisa menghentikan pemerintah untuk melakukan tindakan hukum ataupun penegakan aturan dalam bentuk apapun.

Di Sleman sendiri, lebih dari 16 ribu rumah bermasalah akibat perilaku para pengembang nakal. Sampai sekarangpun, masalah tersebut masih belum beres dan bahkan ada diantaranya yang berlarut-larut, dan endingnya konsumenlah yang menjadi korban.

Selama semua sertifikasi yang terkait dengan peraturan pemerintah seperti sertifikat tanah, IMB, dan lainnya tidak dimiliki oleh konsumen, maka posisi hukum konsumen perumahan jelas sangat lemah bahkan bisa dikatakan tidak memiliki kekuatan hukum apapun.

Perlu diingat lekat-lekat bagi para calon konsumen perumahan di Sleman tentang kejadian tragis beberapa waktu yang lalu. 273 konsumen perumahan Merapi Regency, Muslim Darussalam, Nandan Regency, Kadipiro dan Titi Bumi menjadi korban penipuan pengembang yang tidak bertanggungjawab. Nasib para konsumen sampai dengan sat ini tidak jelas mau dikemanakan. PPJB, jelas mereka semua memilikinya, tetapi ketika sertifikasi lainnya seperti sertifikat tanah, IMB dan lainnya tidak ada ditangan mereka, posisi konsumen amatlah rapuh.

Sekali lagi, ingat selalu, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan tolak ukur akhir dari sebuah legalitas sebuah perumahan. Namun, walau sudah ada IMB konsumen harus tetap super hati-hati. Jangan pernah segan untuk menanyakan juga unsur legalitas lainnya seperti site plan yang mendasari keluarnya IMB. 

Ingat…ingat dan ingat. Developer buaya masih banyak berkeliaran di Sleman. Selalu kunjungi situs-situs pemerintah terkait (dppd.slemankab.go.id, perijinan.slemankab.go.id, slim.slemankab.go.id dan lainnya) sebelum memutuskan membeli perumahan di Sleman.


Comments

 
By: - Desember 6, 2012 | Copyright @ Tegartv.com | Alright Reserved.
 

ARTIKEL TERKAIT


  • Lomba desa tidak ada jual beli nilai
  • Gajah Waykambas Akan Mendapatkan Perhatian Khusus Dari Pemerintah Pusat
  • Bupati Minta Angkot Tidak Parkir Dibadan Jalan
  • Gerakan Nasional Deteksi Dini IVA Test/Sadanis Bagi Guru Indonesia Di Provinsi Lampung
  • Pemerintah Akan Tolak Proyek Asal Jadi.

  • Copyright © 2012 TegarTV · RSS · Designed by Mbahwo | Proudly Using "Mbahwo CMS Platform"